METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA
MINAT UTAMA PENDIDIKN BAHASA DAN
SASTRA JAWA
PROGRAM PASCASARJANA UNS
Nama : Dyah Ayu Andita Kumala Sari
NIM :
Perbedaan Penelitian Kualitatif
dengan Kuantitaif
Dalam pendekatan
ilmiah terdapat dua jenis penelitian yakni penelitian kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian kualitatif secara sederhana merupakan penelitian yang
meneliti pada segi kualitas sedangakan segi kuantitas. Penelitian kualitatif
memiliki sejumlah kateristik yang membedakan dengan penelitian lain. Adapun
beberapa kateristiknya sebagai berikut:
1.
latar
ilmiah
2.
manusia
sebagai alat instrumen
3.
menggunkan
metode kulalitif
4.
analisa
data secra induktif
5.
teori
dari dasar
6.
deskreptif
7.
adanya
batas yang ditetukan pada fokus
8.
lebih
memetingkan proses daripada hasil
9.
adanya
kriteria khusus untuk keabsahan ilmiah
10. desain yang bersifat sementara
11. hasil penelitian dirundingkan dan
disepakati bersama
Perbedaaan
penelitian kalitatif dengan kuantitaif menurut S. Margono (2005: 43-49). Aspek
yang diperbadingkan :
1.
ungkapan-ungkapan
yang diakitkan dengan pendekatan.
Penelitian kualitatif:
a.
Entografi
b.
Studi
kancah
c.
Data
lunak
d.
Interaksi
simbolis
e.
Prespektif
dari dalam
f.
Naturalistis
g.
Etnometodologis
h.
Deskriptif
i.
Femneologis
j.
Dokumentar
k.
Sejarah
kehidupan
l.
Studi kasus
m.
Ekologi
Peneitian kuantitatif
:
a.
Eksperimental
data keras
b.
Prespektif
dari luas
c.
Empiris
d.
Statistik
2.
Konsep-konsep
kunci yang dibutuhkan dengan pendekatan
Penelitian
kualitatif:
a.
Makna
b.
Terbatas
c.
Pemehaman
bedasar akal kritis
d.
Pembatasan
situasi
e.
Kehidupan
sehari-hari
f.
Pemahaman
g.
Proses
h.
Aturan
yang dinegosiasi
i.
Untuk
semua tujuan praktis
j.
Bentuk
sosial
Penelitian
kuantitatif :
a.
Variabel
b.
Operasional
c.
Relabilitas
d.
Hipotesis
e.
Validitas
f.
Makna
secara statistik
3.
Pertanyaan
teori
Penelitian
kualitatif:
a.
Interaksi
Simbolis
b.
Etnometodologi
c.
Fenomologi
d.
Kebudayaan
e.
Idealisme
Penelitan
kuantitatif:
a.
Fungsionalisme
struktural
b.
Realisme
positivesme
c.
Aliran
tingkah laku
d.
Logik
empirisme
e.
Teori
sistem
4.
Pertautan
ilmu
Penelitian
kualitatif :
a.
Sosiologi
b.
Antropologi
c.
Sejarah
Penelitian
kuantitatif:
a.
Psikologi
b.
Ekonomi
c.
Sosiologi
d.
Ilmu
politik
5.
Tujuan
Penelitian
kualitatif:
a.
Mengembangkan
konsep-konsep yang sensitif
b.
Menggamabarkan
kenyataan berganda
c.
Teori
lapangan
d.
Mengembangkan
pemahaman
Penelitian
kuantitatif:
a.
Menguji
teori
b.
Mengkukuhkan
fakta
c.
Diskrepsi
secara statistik
d.
Menunjukan
hubungan-hubungan di antara variable
e.
Peramalan
6.
Perencanaan
Penelitian
kualitatif:
a.
Berjalan
lambat, luwes, umum
b.
Muncul
berubah, berkembang sambil berjalan
Penelitian
kuantitatif:
a.
Srtuktur,
ditentukan dengan ketat dan formal,
khusus
b. Merupakan rencana kerja samapai
sekecil-kecilnya
7.
Penulisan
usul penelitian.
Penelitian
kualitatif:
a.
Spekulatif
b.
Singkat
c.
Menyarakan
luas lapangan yang mungking relevan
d.
Sering
ditulis sesudah data terkumpul
e.
Tidak
luas dalam tujuaan pustaka subtantif
f.
Pernyataan
umum dari pendekatan
Penelitian
kuantitatif :
a.
Luas
b.
Rinci,
khusus dalam fokus
c.
Rinci
dan khusus dalam prosedur
d.
Melalui
tujuan pustaka yang substantif
e.
Penulisan
sebelum data terkumpul
f.
Pernyataan
hipotesis-hipotesis.
8.
Data
Penulisan kualitatif:
Penulisan kualitatif:
a.
deskriptif
b.
dokumen-dokumen
pribadi
c.
catatan-catatan
lapangan
d.
hasil
foto
e.
kata-kata
yang dimiliki oleh masyarakat setempat
f.
catatan-catatan
resmi dan hasil lainya
Penelitian
kuantitatif:
a.
kuantitatif
b.
pencatatan
yang dapat dikuantitaifkan
c.
hitung-h
9.
Sampel
Penelitan
kualitatif:
a.
Kecil,
sedikit
b.
Tak
terwakili (non representitative)
c.
Penentuan
sampel secara teoritis
Penelitian
kuantitatif :
a.
Luas
b.
Bertahap
c.
Kelompok-kelompok
kontrol
d.
Ketetapan
e.
Pemilihan
acak
f.
Penegendalian
terhadap variable luar
10. Teknik atau metode
Penelitian
kualitatif:
a.
Observasi
b.
Kajian
keanekaan dokumen dan karya manusia
c.
Wawancara
terbuka
Penelitian
kauantitaif:
a.
Eksperimen
b.
Observasi
terstruktur
c.
Satuan-satuan
data
11. Hubungan dengan subjek
Penelitian
kualitatif
a.
Empati
b.
Penekanan
pada kepercayaan
c.
Bertindak
dalam kedudukan sederajat
d.
Kontak
yang mendalam
e.
Subjek
sebagai kawan
Penelitan
kuantitatif :
a.
Terbatas
b.
Waktu
yang pendek
c.
Tinggal
terpisah
d.
Berjarak
e.
Merupakan
hubungan subjek dengan penelitian
12. Piranti dan alat
Penelitian
kualitatif:
a.
Pita
rekaman
b.
Orang
sebagai peneliti
Penelitian
kuantitaif:
a.
Daftar-daftar
b.
Angket
c.
Indeks
d.
Skor
pengujian
13. Analisis data
Penelitian
kualitatif:
a.
Terus
berlangsung
b.
Model-model,
tema, konsep
c.
Induktif
d.
Metode
pertandingan yang ajeg/tetap
Penelitian
kuantitatif:
a.
Dekduktif
b.
Terjadinya
saat pengmpulan data-data
c.
Secara
statistik
14. Masalah dalam menggunkan metode
pendekatan
Peneliatain
kualitatif:
a.
Memerlukan
waktu yang lama, sulit mereduksi data
b.
Prosedur
yang tak dilakukan
c.
Sulit
untuk mempelajari populasi yang luas
Penelitian
kauantitaif:
a.
Pengendalian
variable-variabel lain
b.
Refleksi
c.
Validitas
15. Latas
Penenlitian
kualitatif:
a.
Alam
Penelitian
kuantitaif:
a.
laboratorium
16. Kiteria kualitas
Penelitian
kualitatif
a.
Relevansi
Penelitian
kuantitaif
a.
Kaku
Guba
dan Lincoln dalam Lexy J. Maleong (2005: 15-16) menyajikan uraian yang cukup
panjang dan mempertengkan kedua penelitian ini. Untuk penelitain kauantitaif digunakan
istilah scientific paradigm
(paradigma ilmah, penulis) sedangkan penelitian kualitatif dianamakan naturalistic inquiry atau inkuiri
alamiah. Adapun perbedaannay dijelaskan pada tabel berikut :
A.
Jenis-jenis
penelitian
Jenis-jenis
penelitian pendidikan dapat dibedakan menjadi beberapa segi. Segi penggunaanya
dapat dibedakan menjadi penelitian murni atau dasar dan penelitian terapan.
Menurut metodenya yakni historis, filosofis, observasional, eksperimental.
Menurut sifat permasalahanya penilitian historis, deskreptif, perkembangan,
kasus dan penelitian lapangan, penelitian korelasional, kasual komperatif,
penelitian eksperimental, penelitian tindakan.
Adapun yang termasuk jenis penelitian kualitaif pendidikan sebagai
berikut:
1.
Penelitian
historis
2.
Penelitian
deskreptif
3.
Penelitian
perkembangan
4.
Penelitian
kasus dan lapangan
5.
Penelitian
tindakan
Daftar
Referensi
Lexy J. Maleong. 2005. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Lucgheser, Donald Ary dan Asghar
Razavien .1998. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan (Penerjemah Arief
Ruchan). Surabaya: Usaha Nasional
Sargono. 2005. Metodologi
Penlitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sports toto - Best Sites & Apps - Sporting 100
BalasHapusSports Betting and 토토 사이트 Gambling in general is illegal in all of the 벳 매니아 states. There's 토토 사이트 추천 a difference between 먹튀 커뮤니티 USA gambling and 스포츠 토토 사이트 betting with these two casinos